Mau Baterai Laptop Awet Seharian? ini Tips Simpelnya

Masa di mana teknologi yang sedang berkembang ini pasti banyak orang-orang yang sangat membutuhkan laptop untuk keperluannya masing-masing mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan dan lain lain untuk itu pasti sebuah laptop harus memiliki daya baterai yang cukup lama bukan? Untuk itu kita harus menjaga baterai laptop kita agar tidak gampang bocor dan tidak gampang rusak.

Mau Baterai Laptop Awet Seharian? ini Tips Simpelnya

Inilah Tips Agar Baterai Laptop Tidak Gampang Bocor dan Tidak Gampang Rusak :

1. Jangan Biarkan Baterai Sampai Kosong 0%

Terlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai. Sebelum baterai habis, charge baterai tersebut sampai penuh 100%. Pengguna laptop dapat melakukan setting laptop mati sebelum baterai kosong di bagian Power Options (Pojok kanan bawah).

2. Atur Power Baterai

Jika ingin baterai lebih awet, saya menyarankan anda untuk memilih 'Max Battery' pada Power Option (Control Panel). Control Panel\Hardware and Sound\Power Options Pilihan ini akan menghemat penggunaan daya baterai karena hanya membutuhkan kecepatan prosesor minimal semisal untuk membaca dokumen atau mengecek e-mail. Tetapi sebagai akibatnya dari pilihan Max Battery adalah kecepatan laptop dalam arti performa laptop akan menurun. Untuk tips satu ini sesuai selera anda saja, tergantung pemakaian anda.

3. Hindarilah Suhu Ekstrem

Baterai laptop sensitif dengan perubahan suhu, maka hindari suhu yang terlalu panas atau dingin. Hindari baterai laptop terkena terik sinar matahari atau sumber panas lainnya. Sebaiknya laptop yang berisi baterai tidak di letakkan di dalam mobil yang terkena langsung panas matahari. Gunakan cooling pad saat laptop di gunakan dalam jangka waktu lama agar baterai tidak panas. Suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Karena itu pastikan laptop mendapat ventilasi (aliran udara) yang cukup saat di gunakan. Selain itu, hindari untuk menyimpan laptop di kasur, karpet dan meja kaca karena panas yang di keluarkan oleh Laptop tidak dapat di serap sehingga sirkulasi tidak bisa berjalan dengan baik.

4. Jangan Terlalu Sering Memasang/Melepas Baterai

Sebaiknya jangan melepaskan baterai walaupun anda merasa akan bekerja lama dengan laptop. Jika anda melepas baterai dan langsung menggunakan listrik, di khawatirkan apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,motherboard,dll) dan mengakibatkan kerusakan laptop. Apabila ingin menggunakan Laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya menggunakan Colling Pad (kipas pendingin Laptop) sehingga ada sirukulasi dan bisa sedikit meredam panas dari baterai beserta perangkat Laptop.

5. Atur Kecerahan Layar

Atur kecerahan layar monitor untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan. Perlu di ketahui bahwa semakin terang layar anda, maka akan semakin banyak power baterai yang di konsumsi. Atur brightness layar laptop anda ke posisi yang lebih redup, setidaknya asalkan anda tetap nyaman melihatnya.

6. Kurangi Perangkat Eksternal Yang Tidak Perlu

Kurangi penggunaan device seperti USB Flash Drive dan perangkat eksternal lainnya secara berlebihan, termasuk Wi-Fi dan semua perangkat keras jika tidak terlaku di butuhkan. Lepas atau non aktifkan jika perangkat eksternal tersebut tidak terpakai. Sebaiknya eject saja atau putuskan koneksinya untuk menghindari penggunaan terlalu banyak daya baterai. Jika tetap terpasang hal ini akan cepat menguras daya baterai laptop.

7. Hindari Penggunaan Aktivitas Multimedia

Jangan menonton video atau mendengarkan musik langsung dari DVD/CD, di karenakan aktivitas ini sangat banyak mengonsumsi daya baterai. Jika mau mendengarkan musik, gunakan pemutar musik portabel, seperti iPod, atau salin video yang ingin di tonton ke dalam hardisk terlebih dahulu baru ditonton. Jika langsung memutar dari CD dan DVD akan membutuhkan daya yang besar bahkan ketika mereka tidak aktif untuk di gunakan.

8. Hindarilah Multitasking

Jangan memberikan perintah berlebihan pada laptop anda. Karena perintah berlebihan akan membuat baterai laptop cepat habis Usahakan tidak membuka banyak aplikasi sekaligus ketika bekerja menggunakan baterai. Sebaiknya tutup aplikasi yang tidak di perlukan. Semakin banyak aplikasi yang di jalankan/di buka maka akan semakin besar daya baterai yang di konsumsi. Lakukan proses pada aplikasi yang kita butuhkan saja.

9. Rajinlah Membersihkan Ventilasi

Selain itu, rajin-rajinlah membersihkan ventilasi laptop dengan alat khusus yang bisa di dapat di toko komputer. Ikuti petunjuknya dan pastikan laptop dalam keadaan mati sebelum di bersihkan. Ini menjaga agar tidak ada penumpukan debu pada ventilasi laptop.

10. Kurangi beban CPU

Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan sebuah game atau menonton DVD. Jadi pilih prioritas dengan bijaksana.


Demikianlah artikel yang telah sampaikan tentang Tips Agar Baterai Laptop Tidak Gampang Bocor dan Tidak Gampang Rusak semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
Bintang Baru
AUTHOR
7:10 PM delete

Untuk Point 1. sy sering membiarkan hal itu kerap terjadi, selalin ke batu, efeknya ada ga gan ke hardware lainnya??? thanks tuk sharenya, salam

Reply
avatar
8:19 PM delete

setau saya tidak, tapi mungkin bisa membuat baterai laptop agan mati total!

Reply
avatar
12:35 AM delete

artikelnya yg sangat berguna gan, nice share :)

Reply
avatar
Kevin Bharata
AUTHOR
8:42 PM delete

Nanti ane terapin deh gan , thx
Kunjungan balik yah di www.kevin-432.blogspot.com

Reply
avatar
9:51 AM delete

maksi ya kk infonya sangat berguna

Reply
avatar
8:01 PM delete

iya dek masama :v

Reply
avatar
8:28 PM delete

Thank's, blog yang bermanfaatttt....

Reply
avatar

Komentar kamu sangat di butuhkan untuk memotivate saya untuk terus mengembangkan blog sederhana saya ini :) ConversionConversion EmoticonEmoticon