Mengetahui Perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4

Bagi sebuah unit komputer, RAM ( Random Access Memory ) merupakan sebuah hardware/komponen yang sangat vital. karena fungsi dari RAM ini adalah sebagai tempat penyimpanan data yang di butuhkan proccesor untuk menjalankan perintah user ketika akan menjalankan suatu aplikasi. jenis dari RAM ini pun sangat beragam, mulai dari DDR1, DDR2, DDR3. dan yang terbaru ini DDR4.

Mengetahui Perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4

Bagi sebagian orang terutama yang awam mengenai komputer akan mengalami kesulitan membedakan antara DDR1, DDR2, DDR3 atau DDR4. apalagi jika nantinya terkait bila akan meng-upgrade komputer kita. karena jenis Ram akan tergantung kepada slot yang di sediakan oleh Motherboard. Contohnya, jika kita membeli RAM DDR2 tapi ternyata motherboard hanya support DDR1 maka RAM yang baru di beli pun akan sia-sia karena tidak dapat di pasang.

Nah untuk menhindari hal tersebut kiranya kita harus paham perbedaan antara DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4 tersebut. kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan antara masing-masing jenis RAM tersebut.

  • DDR1

Mengetahui Perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4

DDR1 atau DDR merupakan kepanjangan dari (Double Data Rate) generasi pertama yang menggunakan teknologi double clock cycle sehingga dapat mentransfer data lebih cepat dibanding tipe single data rate.

DDR1 memiliki beberapa jenis yaitu :

     1. DDR-200 => memiliki memory clock 100MHz)
     2. DDR-266 => memiliki memory clock 133 MHz)
     3. DDR-333 => memiliki memory clock 166 MHz)
     4. DDR-400 => memiliki memory clock 200 Mhz)

Sayangnya, pengembangan DDR1 ini hanya sampai tahun 2000 karena berkembangnya zaman. perbedaan di lihat dari fisik yaitu pada tipe DDR chip memory (IC) yang di gunakan adalah jenis TSOP (Thin Small-Outline Package). bentuknya empat persegi panjang dengan kaki-kaki di bagian kiri dan kanan. meski ada beberapa yang menggunakan IC jenis BGA namun sangat jarang di temukan. jumlah Pin yang terdapat di DDR1 sebanyak 184 buah ( 92 pin di setiap sisinya ).


  • DDR2
Mengetahui Perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4

RAM DDR2 ini memiliki clock cycle dua kali lebih banyak dan kemampuan bacanya lebih cepat di banding DDR1. Memory clocknya tersedia dari 100Mhz sampai 266 MHz dan frekuensi transfernya antara 400-1966 MHz. jenis-jenis DDR2 antara lain :

     1. DDR2-400
     2. DDR2-533
     3. DDR2-667
     4. DDR2-800
     5. DDR2-1066

Jenis chip memori yang di gunakan oleh DDR2 ini adalah tipe BGA (Ball Grid Away). bentuknya ada yang empat persegi panjang ada pula yang berbentuk bujur sangkar. perbedaan lainnya yaitu pada notch yang tersedia di board konektor slot memori ini terletak sedikit lebih ketengah board modul memori dibandingkan dengan DDR. DDR2 memiliki pin yang lebih kecil yang jumlahnya sebanyak 240 buah ( 120-pin di setiap sisi ).


  • DDR3
Mengetahui Perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4

Semakin besar DDRnya bentuknya semakin bagus, mungkin itu yang ada di benak anda ketika melihat sekilas photo dari ketiga jenis RAM ini. kalau kita lihat dari segi memory clocknya tak jauh beda dengan DDR2 yaitu mulai dari 100 MHz sampai 266 MHz. namun perbedaan terletak pada frekuensi transfer ratenya yang lebih tinggi yaitu mencapai 2133 MHz dan voltase listrik yang lebih hemat yaitu hanya 1,5 V sedangkan DDR2 memerlukan voltase 1,8V dan DDR1 2,5 V. hal ini di sebabkan karena pada DDR3 sudah disematkan teknologi 90nm sehingga dapat menghemat daya sebesar 16%. jumlah pin sama seperti DDR2 yaitu  sebanyak 240 buah, hanya saja letak notch lebih ke arah kiri (lihat gambar).

Untuk kesimpulannya dapat di lihat dari gambar berikut ini di mana letak notch masing masing jenis itu berbeda-beda.

Mengetahui Perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4


[UPDATE]

  • DDR4


Ini merupakan generasi terbaru dari RAM DDRSDRAM dengan transfer data mencapai 2133 ~ 3200 MT/s. RAM DDR4 juga lebih efisien dengan tegangan kerja sebesar 1.2V. Dengan tegangan sebesar 1.2V ini tercatat RAM DDR4 mampu mencapai transfer data rate sebesar 2400 MT/s.

Pada RAM DDR4 terdapat empat grup bank di mana setiap grup mampu menangani operasi secara independen. Hal ini membuat RAM DDR4 mempu memproses 4 data dalam satu siklus clock dan membuatnya jelas lebih efisien dari RAM DDR3.

Selain itu pada RAM DDR4 juga terdapat fitur baru lainnya seperti DBI (Data Bus Pembalikan), CRC (Cyclic Redundancy Check) dan CA paritas. Fitur-fitur ini meningkatkan integritas sinyal RAM DDR4 dan tentu saja meningkatkan stabilitas transmisi data/akses


Demikian artikel mengenai Mengetahui Ciri Perbedaan RAM DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4, Semoga bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi anda.

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
3:45 PM delete

wahh nice share gan, keinget lagi pelajaran kelas 1 SMK ane hehehe

Reply
avatar
Primonymous
AUTHOR
8:18 PM delete

ane DDR3 PC-12800 gan >:-)

visitback nih => http://primonymous.blogspot.com/

Reply
avatar
7:00 PM delete

Langsung terjun gan!

Reply
avatar
6:34 PM delete

Om-Nanotech Pvt Ltd.company is the largest manufacturer memory modules,USB/Flash products in India. We offer a wide variety of modules in different brands - dolgix, Windi, Qumem and OEM.

Reply
avatar
Kazegdid
AUTHOR
9:28 PM delete

gann ,, jgn lupa di tambah DDR4 gan ,, udah release desember 2013 gan :D

Reply
avatar
9:43 PM delete

iya saya tau tapi . . emang udah ada mobo yg support sama RAM DDR4? :D

Reply
avatar

Komentar kamu sangat di butuhkan untuk memotivate saya untuk terus mengembangkan blog sederhana saya ini :) ConversionConversion EmoticonEmoticon